3 Fakta Stadion Tridadi yang Pernah Menjadi Markas PSS Sleman
Story

3 Fakta Stadion Tridadi yang Pernah Menjadi Markas PSS Sleman

PSS Sleman pernah menempati Stadion Tridadi sebagai markasnya. Stadion Tridadi adalah saksi bisu perjalanan PSS Sleman dari liga amatir hingga profesional. Sejumlah nama-nama legenda PSS Sleman seperti Seto Nurdiantoro, Muhammad Iksan, dll. Pernah merasakan atmosfer stadion tersebut.

Kini, tim kebanggaan masyarakat Sleman tersebut sudah tak lagi menempati Tridadi sebagai markasnya. Super Elja telah berpindah markas ke Stadion Maguwoharjo. Meski begitu, kebesaran nama Stadion Tridadi dengan kenangannya tak akan pernah terlupakan.

Berikut 3 fakta menarik tentang Stadion Tridadi yang pernah menjadi markas PSS Sleman:

1. Angker bagi lawan

Fakta Stadion Tridadi yang pernah menjadi markas PSS Sleman pertama adalah angker bagi lawan. Konon, PSS Sleman akan sulit ditaklukkan jika sudah bermain di tempat ini.

Pada saat itu kejayaan PSS Sleman menggunakan Stadion Tridadi dimulai pada tahun kompetisi 1999 – 2000 yang mana pada tahun itu membuat Super Elja masuk ke Divisi Utama. “Tridadi merupakan bagian sejarah dari kami kala itu. Pada tahun PSS keluar menjadi runner up dan saya menjadi top skor,” ujar Muhammad Iksan, melansir dari krjogja.com.

BaACA JUGA:   Segudang Pengalaman Thales Lira di Brasil, Bek Anyar PSS Sleman

Iksan mengatakan bahwa PSS akan sulit dikalahkan jika sudah bermain di Tridadi. Kekuatan para pemain dikatakannya menjadi berlipat ganda di Tridadi berkat dukungan para suporter.

2. Hasil menyewa dari tanah kas desa

Fakta Stadion Tridadi yang pernah menjadi markas PSS Sleman kedua adalah merupakan hasil menyewa dari tanah kas desa. Stadion yang terletak di lingkungan perkantoran Pemerintah Kabupaten Sleman ini diresmikan oleh Sri Sultan HB X pada tanggal 5 Februari 1995.

Saat itu, pembangunan stadion dilakukan pada era kepemimpinan Bupati Arifin Ilyas. Menurut Sumadi yang merupakan salah satu pengelola UPT Maguwoharjo, dulu tanah yang di mana Stadion Tridadi ini berdiri merupakan hasil menyewa dari tanah kas desa yang dilakukan Pemkab Sleman.

BaACA JUGA:   Cerita PSS Sleman Nyaris Juara Liga Indonesia pada 2003

Seiring waktu berjalan, Tridadi kemudian dikelola oleh pengcab. “Sejak Oktober 2016 Stadion Tridadi ini dikelola oleh UPT Maguwoharjo,” ungkap Sumadi, mengutip dari krjogja.com.

3. Sempat dilupakan

Fakta Stadion Tridadi yang pernah menjadi markas PSS Sleman ketiga adalah sempat dilupakan. Stadion Tridadi diklaim mampu menampung sekitar 12.000 penonton.

Lambat laun, Tridadi tidak mampu memenuhi kebutuhan persepakbolaan di Sleman, ditambah lagi setiap tahunnya ada regulasi PSSI yang cukup ketat bagi tim peserta liga. Perlahan, Tridadi mulai ditinggalkan dan pada tahun 2004 dimulailah pembangunan stadion baru untuk PSS yang kini disebut Stadion Maguwoharjo.

 

Related Posts