Kiper Timnas Filipina Milik PSS Sleman, Anthony Pinthus
Story

Anthony Pintus: Kiper Timnas Filipina Milik PSS Sleman

Nama Anthony Pinthus menjadi salah satu penggawa baru PSS Sleman. Klub kebanggaan warga Kabupaten Sleman itu memang sedang banyak menambah amunisi jelang musim baru.

Anthony Pinthus resmi diperkenalkan oleh PSS Sleman pada Minggu (30/4/2023). Ada beberapa fakta menarik tentang kiper asal Filipina ini yang menarik untuk diulik:

1. Karier di Filipina

Sebelum hijrah ke Sleman, kiper dengan postur 1,82 meter ini memperkuat United City di Liga Filipina terlebih dahulu. Namun, karena klub tersebut mengalami masalah finansial, merek melepas semua staf dan pemain usai putaran pertama musim 2022/23, termasuk Pinthus.

2. Kewarganegaraan Ganda

Pinthus memiliki kewarganegaraan ganda. Sebab, ia lahir di Solothurn, Swiss, dari ayah berkebangsaan Swiss, dan ibu Filipina. Namun, dia memilih mewakili Filipina sejak usia muda di dalam bidang sepakbola.

BaACA JUGA:   Detail Jersey Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78

Meski begitu, Pinthus mengawali kariernya di akademi Grasshoppers di Swiss. Dia kemudian dipinjamkan ke beberapa klub sebelum pindah ke Kosova Zurich pada 2019. Setelahnya, Pinthus bergabung dengan Azkals Development Team, tempat para talenta muda Filipina diasah.

3. Kiprah di Timnas Filipina

Penjaga gawang berusia 25 tahun itu pernah membela timnas di beberapa kategori. Seperti di SEA Games 2019, dan Piala AFF 2022. Di level senior, Pinthus memiliki 3 caps bersama Timnas Filipina.

4. Sukses di United City

Masa peminjamannya di United City berujung kesuksesan. Anthony Pinthus ikut membawa United City juara Liga Filipina 2020, sekaligus menyabet gelar Golden Gloves. Selain itu, ia juga mendapatkan gelar yang sama saat mengantarkan United City juara Copa Paulino Alcantara 2022.

BaACA JUGA:   Perjalanan Karier Esteban Vizcarra, Gelandang Anyar PSS Sleman

5. Mengidolakan Iker Casillas

Sebagai seorang kiper, tentu Pinthus memiliki idola pemain sepakbola legendaris di posisi yang sama. Sosok idola tersebut tak lain dan tak bukan adalah legenda Spanyol dan Real Madrid, Iker Casillas.

Meskipun usia Pinthus masih muda, namun ia sudah memiliki banyak pengalaman. Ditambah kemampuan serta gelar individu yang telah berhasil ia raih, menarik untuk dinantikan kiprah Pinthus bersama Super Elja di Liga 1 musim depan.

Related Posts