6 Rekomendasi Tempat Jogging yang Ada di Yogyakarta.
Story

6 Rekomendasi Tempat Jogging yang Ada di Yogyakarta

Yogyakarta memiliki sejumlah rekomendasi tempat jogging yang patut kamu coba. Saat ini, jogging telah menjadi salah satu olahraga yang paling populer dan diminati oleh banyak orang. Olahraga yang mudah untuk dilakukan ini juga digandrungi oleh berbagai kalangan, dari remaja hingga para orang tua.

Banyak alasan mengapa jogging menjadi olahraga yang paling banyak diminati, selain karena mudah, di Yogyakarta sendiri banyak tempat jogging asik yang bisa dicoba. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri dari olahraga jogging ini. Tak sekedar untuk menjaga kesehatan, jogging juga bisa dijadikan sarana untuk jalan-jalan.

Nah, berikut 6 rekomendasi tempat jogging yang bisa kamu coba saat berada di Yogyakarta:

1. Grha Sabha Pramana UGM 

Grha Sabha Pramana UGM.

Rekomendasi tempat jogging yang pertama di kawasan gedung Grha Sabha Pramana. Dilihat dari namanya saja, Grha Sabha Pramana sudah pasti menjadi salah satu tempat jogging yang menjadi pilihan utama Mahasiswa UGM. Namun, masyarakat umum pun juga diperbolehkan untuk jogging di area tersebut secara gratis.

Jika sedang jogging di sini, kamu bisa mengitari gedung dan lapangan yang berada di bagian depan. Sembari jogging, kamu juga bisa menemukan banyak orang yang melakukan olahraga lain di sana. Seperti bermain capoeira, parkour, hingga pencak silat.

Lokasi Grha Sabha Pramana UGM juga tidak terlalu jauh dari pusat kota. Jika dilihat jaraknya dari Malioboro, kamu hanya memerlukan waktu 10 menit saja untuk sampai ke sana.

2. Embung Tambakboyo

Embung Tambakboyo.

Tempat jogging selanjutnya yang menjadi rekomendasi adalah Embung Tambakboyo. Berjarak hanya 1,5 km dari kampus UPN, Embung Tambakboyo menjadi tempat jogging yang banyak diminati oleh para mahasiswa UPN. Namun, masyarakat umum pun juga banyak yang jogging di sini.

BaACA JUGA:   Jenis Bahan Jersey Olahraga yang Harus Kamu Ketahui

Area di sekitar Embung Tambakboyo ini memang sangat asyik jika digunakan untuk jogging pada pagi ataupun sore hari. Tidak ada biaya khusus untuk melakukan jogging di sini selain untuk parkir.

Daya tarik Embung Tambakboyo sebagai tempat jogging dapat kamu lihat jika cuaca sedang cerah. Sembari jogging, kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dari kejauhan. Selain jogging, banyak olahraga yang juga bisa dilakukan di sini, seperti bersepeda atau memancing di embung.

3. Jogja Expo Center 

Jogja Expo Center.

Rekomendasi tempat jogging selanjutnya merupakan gedung serbaguna yang biasa disewa untuk berbagai keperluan acara atau memiliki nama Jogja Expo Center (JEC). Biasanya, saat tidak ada acara, kamu dapat melakukan jogging di halaman luar gedung ini.

Banyak warga Yogyakarta yang datang ke JEC untuk jogging arena halamannya aman dari kendaraan bermotor. Di sekitar gedung juga banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon yang membuat suasananya semakin rindang dan sejuk saat jogging.

Lokasinya sendiri juga tidak terlalu jauh dari pusat kota. Jika sedang berada di titik 0 km, kamu hanya memerlukan waktu sekitar 15-20 menit untuk sampai ke JEC.

3. Stadion Maguwoharjo

Stadion Maguwoharjo.

Stadion Maguwoharjo merupakan salah satu tempat jogging di Yogyakarta yang tepatnya berada di Kabupaten Sleman. Stadion ini juga menjadi kebanggaan warga Sleman sekaligus markas dari klub sepakbola PSS Sleman.

Saat pagi hari atau sore hari, banyak masyarakat yang melakukan jogging dengan mengitari stadion yang cukup luas ini. Selain jogging, banyak juga olahraga lain yang dimainkan di area sekitar stadion. Seperti olahraga sepatu roda, sepedaan, bulutangkis, dll.

BaACA JUGA:   5 Rute Lari Paling Asyik di Yogyakarta

Tempat jogging yang satu ini juga memiliki daya tarik lainnya seperti banyaknya kuliner yang bisa kamu temui di luar stadion. Setelah selesai jogging, kamu bisa menyantap sarapan seperti soto, bubur ayam, nasi lemak, dan masih ada banyak lagi pilihan makanan lainnya.

4. Mandala Krida

Mandala Krida.

Salah satu tempat jogging favorit warga Yogyakarta yaitu Stadion Mandala Krida. Rekomendasi tempat jogging yang satu ini juga merupakan markas dari klub sepakbola PSIM Yogyakarta. Kalau sedang hari libur, bagian luar stadion ini akan dipenuhi masyarakat Yogyakarta yang melakukan jogging santai.

Suasana yang sejuk di dalam kota membuat Stadion Mandala Krida menjadi salah satu tempat jogging yang sangat direkomendasikan. Seperti halnya Stadion Maguwoharjo, jika jogging di pagi hari ada banyak pilihan sarapan yang bisa disantap di area luar stadion.

5. Stadion Sultan Agung 

Stadion Sultan Agung.

Rekomendasi tempat jogging yang terakhir adalah Stadion Sultan Agung yang tepatnya berada di Bantul. Stadion ini merupakan markas klub sepakbola Persiba Bantul. Namun tak cuma dijadikan tempat untuk bertanding sepakbola saja, stadion ini juga pernah dijadikan sebagai tempat untuk pacuan kuda.

Meski begitu, banyak masyarakat Yogyakarta terkhusus yang bertempat tinggal di Bantul melakukan olahraga di sini, termasuk jogging. Areanya yang luas membuat warga merasa aman dan nyaman untuk menjadikan Stadion Sultan Agung sebagai salah satu rekomendasi tempat jogging yang berada di Yogyakarta.

 

Related Posts