5 Manfaat Jogging untuk Kesehatan Tubuh
Story

5 Manfaat Jogging untuk Kesehatan Tubuh

Jogging adalah olahraga yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Olahraga ini merupakan jenis latihan yang gratis, menyenangkan, mudah, dan dapat dilakukan sendiri atau dalam kelompok.

Berbeda dengan olahraga lari biasa, jogging merupakan aktivitas lari dengan kecepatan yang lambat. Menurut pendiri Fluid Running, Jennifer Conroyd, jogging biasanya dilakukan dengan kecepatan sekitar sembilan kilometer per jam atau kurang.

Diukur dengan VO2 Max, Jogging merupakan latihan di mana tubuh yang mencapai 75 persen dari upaya maksimumnya. Nah, berikut 5 manfaat jogging untuk kesehatan tubuh yang bisa kamu dapatkan.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat jogging untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah meningkatkan daya tahan. Jogging sendiri merupakan bentuk olahraga yang baik bagi mereka yang hendak melakukan latihan kardiovaskular dengan intensitas yang lebih rendah daripada berlari.

Meskipun berlari membakar lebih banyak kalori per menit, jogging tetap bisa membantu untuk menurunkan berat badan serta meningkatkan daya tahan tubuh. “Orang-orang yang memulai perjalanan kebugaran mereka mungkin senang jika memulainya dengan jogging dan terus sampai berlari,” ujar Conroyd, melansir dari lifestyle.kompas.com.

2. Bagus untuk pemula

Bagus untuk pemula

Manfaat jogging untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah bagus untuk pemula. Sebagai permulaan untuk latihan lari, jogging adalah pilihan yang tepat bagi para pemula. Aktivitas ini membutuhkan lebih sedikit usaha daripada berlari.

BaACA JUGA:   5 Track Sepeda Santai di Yogyakarta

Baik lari maupun jogging, sebenarnya kedua olahraga tersebut merupakan bentuk latihan aerobik yang sangat baik. Namun jogging dinilai lebih tepat untuk pemula karena berlari lebih menghabiskan banyak energi.

Selain itu, jogging juga merupakan olahraga yang santai. Jadi, kamu dapat menikmatinya dengan melakukan percakapan ringan bersama teman saat jogging bersama. Melakukan jogging secara konsisten juga lebih mudah untuk dilakukan para pemula.

3. Menyenangkan hati

 

Menyenangkan hati

Menyenangkan hati merupakan salah satu manfaat dari jogging untuk kesehatan tubuh. Menurut Conroyd, jogging bisa membantu menyenangkan suasana hati. Alasannya karena aktivitas tersebut melepaskan endorfin yang memicu perasaan euforia dan kebahagiaan.

Selain itu, jogging selama 30 menit sehari juga dapat membantu mencegah gejala depresi dan kecemasan. Dengan jogging, kepercayaan diri juga akan meningkat. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

4. Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung

Kemudian, jogging juga dapat memberikan manfaat untuk tubuh dengan menjaga kesehatan jantung. Seperti semua bentuk kardio, jogging memberikan efek yang menguntungkan pada kesehatan jantung secara keseluruhan.

BaACA JUGA:   5 Rekomendasi Tempat Gym Terbaik di Yogyakarta

Aktivitas ini pun juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Alasannya karena jogging memperkuat dinding jantung kita dengan memaksanya memompa darah ke seluruh tubuh secara efisien.

Orang yang lebih sering melakukan jogging biasanya memiliki detak jantung istirahat yang lebih rendah. Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan yang lebih besar untuk mengonsumsi oksigen. Seseorang dengan jantung yang lebih kuat bisa mengurangi risiko penyakit jantung sampai 50 persen.

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Membuat tidur lebih nyenyak

Manfaat jogging untuk kesehatan tubuh yang terakhir adalah membuat tidur lebih nyenyak. Menurut Conroyd, peningkatan aktivitas kardiovaskular bisa meningkatkan serotonin, bahan kimia yang merupakan bagian dari siklus tidur dan bangun.

Oleh karena itu, jogging dapat membuat siapa saja tertidur lebih cepat dan lebih lama. Hal ini tentu sangat bermanfaat agar tidur kita semakin berkualitas. Selain itu, tidur setelah melakukan aktivitas jogging biasanya terasa lebih nikmat.

Saat bangun, badan akan terasa lebih segar. Sehingga, kita dapat menjalani aktivitas dengan lebih bersemangat karena mendapatkan kualitas tidur yang baik. Itulah beberapa manfaat jogging untuk kesehatan tubuh.

Related Posts