5 Manfaat Mengonsumsi Kurma untuk Kesehatan Tubuh
Story

5 Manfaat Mengonsumsi Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Kurma adalah buah kering yang berasal dari pohon kurma dan sering digunakan sebagai camilan atau bahan makanan dalam masakan. Selain rasanya yang manis dan lezat, kurma juga terkenal karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut adalah 5 manfaat mengonsumsi kurma untuk kesehatan tubuh:

1. Sumber nutrisi yang baik

Kurma kaya akan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan serat. Sebagai contoh, 100 gram kurma mengandung sekitar 75% dari nilai harian (VD) untuk serat, 20% VD untuk vitamin B6, 14% VD untuk besi, dan 12% VD untuk magnesium.

Nutrisi-nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan pencernaan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan membantu fungsi otak.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kurma dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan serat dalam kurma dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

BaACA JUGA:   5 Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Selain itu, kurma juga mengandung senyawa antioksidan yang dikenal sebagai polifenol, yang telah terbukti dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Menjaga kesehatan tulang

Kurma juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Hal ini disebabkan oleh kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor yang ditemukan dalam kurma.

Kalsium diperlukan untuk membantu membangun tulang yang kuat, sedangkan magnesium dan fosfor membantu menjaga keseimbangan mineral dalam tubuh, yang penting untuk kesehatan tulang.

4. Menjaga kesehatan otak

Kurma juga dapat membantu menjaga kesehatan otak. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin B6 dan antioksidan dalam kurma. Vitamin B6 penting untuk membantu tubuh memproduksi neurotransmitter yang diperlukan untuk fungsi otak yang sehat.

Sementara itu, senyawa antioksidan dalam kurma dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

BaACA JUGA:   Mengapa PSS Sleman Memiliki Julukan Super Elang Jawa¬†

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Kurma dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Serat yang ditemukan dalam kurma dapat membantu meningkatkan volume tinja dan memperlancar sistem pencernaan.

Selain itu, kurma juga mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam usus.

Meskipun kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, penting untuk diketahui bahwa kurma juga mengandung gula alami yang tinggi. Oleh karena itu, konsumsilah kurma dengan bijak dan tidak berlebihan.

Sebagai contoh, 100 gram kurma mengandung sekitar 66 gram gula, yang sama dengan sekitar 16 sendok teh gula. Oleh karena itu, sebaiknya kurma dimakan secukupnya agar mendapatkan manfaat yang lebih maksimal bagi kesehatan tubuh.

 

Related Posts