5 Tips Latihan Angkat Beban untuk Pemula
Story

5 Tips Latihan Angkat Beban untuk Pemula

Penting untuk mengetahui tips latihan angkat beban untuk pemula. Terlebih bagi kamu yang baru akan memulai untuk latihan angkat beban. Olahraga yang satu ini berguna untuk memberikan tekanan pada otot, sehingga dapat beradaptasi dan menjadi lebih kuat.

Biasanya, latihan beban dilakukan dengan menggunakan barbel, dumbbell, atau peralatan lainnya yang ada di gym. Tak hanya menggunakan alat, kamu juga bisa melakukan latihan angkat beban dengan menggunakan tubuh atau body weight training.

Jika dilakukan dengan benar, maka hasil dari latihan angkat beban akan terasa lebih maksimal. Untuk itu, berikut 5 tips latihan angkat beban untuk pemula yang dapat kamu terapkan agar lebih aman dan efektif.

1. Belajar dari orang yang lebih berpengalaman

 

View this post on Instagram

 

A post shared by SMBD APPAREL (@smbd.id)

Tips pertama untuk latihan angkat beban bagi pemula adalah belajar dari orang yang lebih berpengalaman. Kamu bisa menyewa pelatih atau personal trainer untuk mengajarimu teknik latihan angkat beban yang benar.

Setelah itu, berlatihlah sampai kamu bisa melakukan posisi dengan benar. Jangan malu untuk bertanya apabila kamu tidak mengerti cara menggunakan alat dengan benar. Manfaatkan momen latihanmu bersama personal trainer dengan baik.

2. Pemanasan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by SMBD APPAREL (@smbd.id)

Selanjutnya, tips latihan angkat beban untuk pemula yang juga jangan sampai terlewatkan adalah pemanasan. Pasalnya, otot yang kamu latih tanpa pemanasan sangat rentan terhadap cedera.

BaACA JUGA:   6 Rekomendasi Tempat Jogging yang Ada di Yogyakarta

Risiko tersebut tentunya lebih baik dihindari. Oleh karena itu biasakan melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum memulai latihan angkat beban. Kamu bisa melakukan pemanasan selama 10-15 menit terlebih dahulu.

Contoh gerakan pemanasan yang bisa kamu lakukan seperti olahraga tangan atau kaki. Pemanasan sangat penting dilakukan karena dapat meningkatkan aliran darah dan fleksibilitas.

3. Gunakan beban yang sesuai

 

View this post on Instagram

 

A post shared by SMBD APPAREL (@smbd.id)

Tips latihan angkat beban yang berikutnya adalah gunakan beban yang sesuai. Ukurannya dapat kamu hitung dengan beban yang bisa kamu angkat secara nyaman dalam 12 sampai 15 repetisi.

Tidak perlu mengangkat beban secara terburu-buru. Kamu dapat melakukannya secara perlahan supaya otot yang dilatih dapat terisolasi. Seiring waktu, kamu akan terbiasa dan dapat mencoba untuk menggunakan beban yang lebih berat.

Untuk hitungan repetisinya juga perlu diperhatikan. Buat kebanyakan orang, satu set yang terdiri dari 12 repetisi dengan beban yang cukup melelahkan bagian otot, sehingga dapat membangun kekuatan secara efektif.

4. Susun program latihan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by SMBD APPAREL (@smbd.id)

Penting untuk diperhatikan pula tips latihan angkat beban dengan memperhatikan program latihan. Kamu bisa memulai untuk menyusun program latihan, sehingga usahamu bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

BaACA JUGA:   Jenis Bahan Jersey Olahraga yang Harus Kamu Ketahui

Seperti, Senin adalah waktu untuk melakukan gerakan melatih otot punggung, maka dua hari berikutnya bisa dijadwalkan untuk melatih otot dada, atau kaki dan perut.

Latihan seperti ini membuat usahamu terasa lebih ringan padahal hasilnya bisa maksimal. Selain itu, otot mu juga bisa mendapatkan istirahat yang cukup. Isitrahat juga merupakan satu kesatuan dari rangkaian latihan angkat beban yang juga sama pentingnya.

5. Gunakan pakaian yang nyaman

 

View this post on Instagram

 

A post shared by SMBD APPAREL (@smbd.id)

Tips terakhir latihan angkat beban untuk pemula adalah gunakan pakaian yang nyaman. Terdengar sepele tetapi sangat krusial. Dengan pakaian yang nyaman, latihan angkat beban yang kamu lakukan bisa dijalankan dengan lebih aman dan efektif.

Pakaian nyaman untuk latihan angkat beban seperti yang menyerap keringat dan memiliki bahan berkualitas. SMBD memiliki beberapa produk yang sangat cocok untuk dipakai saat latihan angkat beban.

Seperti misalnya Jersey Teamwear Esterno, atau Basic Active Shortpants. Kualitas sudah terjamin, dan untuk harga juga sangat ramah di kantong. Kamu bisa mendapatkan dua produk tersebut dengan harga mulai dari Rp65.000 – Rp135.000.

 

Related Posts