5 Manfaat Sepakbola bagi Tubuh
Story

5 Manfaat Sepakbola bagi Tubuh

Sepakbola adalah salah satu olahraga yang paling banyak memiliki manfaat bagi tubuh. Olahraga yang sangat populer bagi seluruh kalangan ini bagus untuk mengembangkan kebugaran fisik, karena memaksa para pemainnya untuk mengejar bola di lapangan.

Aktivitas sepakbola juga bermanfaat untuk membakar kalori dan menyebabkannya berkeringat. Melalui sepakbola, tubuh menjadi lebih bugar, daya tahan tubuh meningkat, dan terhindar dari beragam jenis penyakit.

Selain itu, olahraga yang satu ini juga memiliki manfaat lainnya. Seperti meningkatkan daya pikir, mentalitas, dan kerja sama tim. Berikut 5 manfaat sepakbola yang dapat diperoleh bagi tubuh:

Mengurangi lemak tubuh

Mengurangi lemak tubuh

Manfaat sepakbola bagi tubuh yang pertama adalah untuk mengurangi lemak. Sepakbola merupakan olahraga yang sangat bagus untuk membakar lemak karena dapat melatih otot dan jantung. Melalui olahraga ini, kamu juga bisa membangun massa otot dan membakar lebih banyak lemak dengan menyerap serat otot lambat dan cepat.

Selain itu, bermain sepakbola juga dapat membakar lebih banyak kalori daripada olahraga lain. Penyebabnya karena memaksa para pemain untuk menggunakan jalur energi aerobik dan anaerobik. Karena hal tersebut gerak di sepakbola lebih banyak dilakukan daripada kebanyakan olahraga yang lainnya.

BaACA JUGA:   5 Rekomendasi Lagu Saat Melakukan Olahraga

Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Salah satu manfaat sepakbola lainnya adalah untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Dalam olahraga ini, biasanya pemain berlari satu sampai dua kilometer dalam waktu 90 menit.

Berjalan dan berlari secara konsisten bisa membantu untuk menjaga detak jantung. Sehingga, manfaat yang akan diterima bagi tubuh yaitu memberikan latihan kardiovaskular yang sangat baik.

Gerakan konsisten ini juga dapat membantu untuk kesehatan tubuh lainnya. Seperti memperkuat jantung, mengurangi tekanan dara, membakar kelebihan kalori, dan melawan penumpukan plak di arteri koroner.

Meningkatkan kepadatan tulang

Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Manfaat sepakbola bagi tubuh yang selanjutnya yakni untuk meningkatkan kepadatan tulang. Seiring bertambahnya usia, maka kepadatan tulang biasanya juga akan mengalami penurunan. Hal ini dapat diperlambat melalui sepakbola.

Latihan beban tulang yang secara terus menerus dilakukan selama pertandingan sepakbola merupakan cara yang terbaik. Manfaat yang didapat adalah meningkatkan kekuatan kerangka tulang di dalam tubuh.

Melalui sepakbola, kebugaran dan kesehatan tulang menjadi lebih terjaga. Kegiatan olahraga yang satu ini menjadi salah satu cara yang sangat bagus untuk menjaga tulang tetap kuat, selain dengan mengonsumsi makanan dan minuman penunjang kesehatan tubuh lainnya.

Bagus untuk kesehatan mental

Bagus untuk kesehatan mental

Kesehatan mental menjadi salah satu manfaat sepakbola yang akan diterima oleh tubuh. Bermain sepakbola dapat mengatasi rasa kecemasan dan depresi berlebihan. Penyebabnya bisa jadi banyak hal, salah satunya karena olahraga yang satu ini merupakan sebuah permainan yang menyenangkan.

BaACA JUGA:   5 Rekomendasi Tempat Gym Terbaik di Yogyakarta

Olahraga permainan yang satu ini juga bersifat kompetitif. Hal ini dapat membantu seseorang untuk mengatur emosi, sportifitas, dan kerja sama. Selain itu, sepakbola yang dilakukan di luar ruangan juga dapat membantu seseorang untuk mengatasi stres.

Meningkatkan fungsi otak kognitif

Meningkatkan fungsi otak kognitif . (skysports.com)

Salah satu manfaat sepakbola bagi tubuh lainnya adalah meningkatkan fungsi otak kognitif. Sepakbola menjadi olahraga yang membantu untuk meningkatkan konsentrasi, kedisiplinan, dan ketekunan.

Beberapa manfaat baik sepakbola bagi tubuh itu didapat karena olahraga ini melibatkan permainan cepat yang membutuhkan keputusan cepat di lapangan. Oleh karena itu, legenda sepakbola Italia, Andrea Pirlo, juga pernah mengatakan bahwa bermain sepakbola itu tidak hanya menggunakan kaki, melainkan juga otak.

Ketika tempo tampak melambat, pemain juga dipaksa untuk terus berpikir. Positioning menjadi salah satu hal yang teramat penting di sini. Mencari posisi diri untuk menerima operan atau mempertahankan area yang menjadi celah untuk diserang lawan.

Related Posts