Candi Prambanan
Story

5 Keistimewaan Candi Prambanan di Sleman dan Jawa Tengah

Candi Prambanan adalah salah satu situs sejarah dan arkeologi yang terletak di antara Sleman, dan Jawa Tengah. Candi Prambanan dikenal sebagai salah satu situs warisan budaya dunia UNESCO, dan menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Indonesia.

Candi Prambanan memiliki sejumlah keistimewaan yang membuatnya menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah 5 keistimewaan Candi Prambanan:

1. Karya Arsitektur yang Spektakuler

Candi Prambanan adalah salah satu contoh karya arsitektur Hindu terbesar di dunia. Candi ini terdiri dari 8 candi utama, di mana tiga di antaranya didedikasikan untuk Trimurti (Brahma, Wisnu, dan Siwa), sementara lima candi lainnya didedikasikan untuk Dewi-Dewi Hindu (Durga, Saraswati, dan Mahakali). Setiap candi memiliki keindahan yang unik, dan semuanya dihiasi dengan relief yang sangat rinci dan indah.

2. Sejarah dan Mitos yang Menarik

Candi Prambanan dibangun pada abad ke-9 oleh Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini dipercayai dibangun oleh Raja Rakai Pikatan dan Ratu Pramodhawardhani. Konon, pembangunan Candi Prambanan dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap Siwa, Dewa Utama Agama Hindu.

BaACA JUGA:   Detail Jersey PSS Sleman 2017

Selain itu, Candi Prambanan juga memiliki mitos dan cerita legenda yang menarik, seperti cerita cinta antara Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.

3. Relief yang Memukau

Setiap candi di Candi Prambanan dihiasi dengan relief yang sangat indah dan memukau. Relief di Candi Prambanan menceritakan cerita-cerita dari kitab Ramayana dan Mahabharata, serta kisah-kisah lain dari mitologi Hindu. Relief di Candi Prambanan sangat rinci dan indah, sehingga membuat pengunjung terpesona dan terkesima.

4. Keunikan Arsitektur dan Desain

Candi Prambanan memiliki desain dan arsitektur yang sangat unik dan khas. Candi ini memiliki atap yang berbentuk menara yang berlapis-lapis, serta ukiran-ukiran yang sangat rinci dan halus. Selain itu, Candi Prambanan juga memiliki gaya arsitektur yang khas, di mana arsitektur Hindu Jawa digabungkan dengan gaya arsitektur dari India Selatan.

BaACA JUGA:   Arti Slogan Sembada Kabupaten Sleman

5. Tempat Bersejarah yang Penting

Candi Prambanan merupakan salah satu tempat bersejarah yang sangat penting di Indonesia. Candi ini merupakan simbol kebesaran dan kejayaan Kerajaan Mataram Kuno. Selain itu, Candi Prambanan juga merupakan contoh penting dari seni dan arsitektur Hindu Jawa.

Oleh karena itu, Candi Prambanan menjadi salah satu situs warisan budaya dunia UNESCO yang terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh dunia.

Kesimpulannya, Candi Prambanan memiliki sejumlah keistimewaan yang membuatnya menjadi tempat yang menarik dan penting untuk dikunjungi

 

Related Posts