5 Tips Merawat Pakaian agar Tetap Awet
Story

5 Tips Merawat Pakaian agar Tetap Awet

Ikuti tips merawat pakaian berikut agar tetap awet. Seperti halnya tubuh, pakaian juga perlu dirawat dengan baik. Sebab, jika tidak dirawat dengan baik maka pakaian bisa cepat rusak.

Ada berbagai jenis pakaian yang sering kita pakai. Seperti kaus, celana, jaket, atau mungkin jersey olahraga. Tiap jenis pakaian tersebut memiliki cara perawatannya terkhusus agar tetap awet.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis pakaian yang kita miliki. Berikut 5 tips merawat pakaian agar tetap awet:

1. Jersey

 

View this post on Instagram

 

A post shared by SMBD APPAREL (@smbd.id)

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam merawat jersey adalah cara mencucinya. Saat mencuci jersey, lebih baik menggunakan tangan daripada mesin cuci. Sebab, mesin cuci memiliki potensi yang lebih besar untuk merobek jersey.

Setelah mencuci dengan tangan, perhatikan cara menjemur jersey agar tetap awet. Jemur jersey dengan posisi terbalik. Tujuannya agar warna jersey bisa tahan lebih lama.

Tidak hanya saat menjemur, sebaiknya jersey tetap dibalik saat sedang disetrika. Selain itu perhatikan juga suhu setrika, sehingga bordiran atau sablon di bagian luar jersey tidak mudah rusak.

2. Kaus

 

View this post on Instagram

 

A post shared by SMBD APPAREL (@smbd.id)

Tips untuk merawat kaus agar tetap awet adalah perhatikan saat mencuci. Kamu perlu mencucinya dengan lembut, dan sebaiknya menggunakan air dingin.

BaACA JUGA:   5 Tips Puasa di Bulan Suci Ramadhan

Kemudian, simpan kaus dengan hati-hati. Lipat lengan baju ke arah belakang, lalu melipat kaus menjadi dua secara melintang, untuk menghindari lipatan tambahan. Setelah itu, simpan di tumpukan yang ringan.

Jangan gantung kaus yang kamu memiliki. Kaus yang digantung akan menciptakan bekas gantungan yang kurang enak dipandang, dan berpotensi membuat kaus milikmu melar.

3. Hoodie

 

View this post on Instagram

 

A post shared by SMBD APPAREL (@smbd.id)

Cara mencuci hoodie yang perlu diperhatikan adalah dengan membalikkan pakaian tersebut. Hal ini berguna untuk mencegah gambar, warna, dan motifnya supaya tidak mudah rusak dan pudar.

Kemudian, cuci hoodie dengan air dingin. Sebab, mencuci hoodie dengan air hangat justru merusak serat bahan pakaian tersebut. Air dingin tidak akan membuat serat-seratnya menjadi lebih renggang, sehingga hoodie bisa bertahan dengan lebih awet.

Rendam hoodie terlebih dahulu menggunakan air dingin sebelum dicuci. Namun perlu diingat, jangan rendam hoodie terlalu lama. Pasalnya, hal tersebut akan membuat warna hoodie mudah luntur.

4. Windrunner

 

View this post on Instagram

 

A post shared by SMBD APPAREL (@smbd.id)

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah perhatikan laundry tag di dalam atau luar pakaian. Sebab, ada cara mencuci yang sesuai dengan bahan tertentu yang seharusnya tertera  di sana.

BaACA JUGA:   5 Fakta Tentang PSS Sleman

Kemudian, cuci jaket windrunner menggunakan air dingin dan deterjen cair. Hindari penggunaan sikat dan menggosok terlalu keras agar tidak cepat luntur.

Setelah dicuci, jaket windrunner jangan diperas terlalu kencang. Biarkan jaket digantung agar aliran air bisa turun sehingga jaket sudah mulai kering. Jika kamu mencuci menggunakan mesin cuci, gosok kotoran yang menempel terlebih dahulu.

5. Polo

 

View this post on Instagram

 

A post shared by SMBD APPAREL (@smbd.id)

Tips merawat baju polo yang pertama agar tetap awet adalah jangan rendam terlalu lama. Sebab, merendam polo terlalu lama bisa membuat warnanya menjadi pudar.

Kemudian, hindari menyikat polo terlalu keras. Selain karena bisa membuat polo menjadi pudar, hal tersebut juga dapat membuat serat kain menjadi lepas dan cepat rusak.

Hampir sama seperti kaus, jangan menjemur polo dengan menggunakan hanger. Memakai hanger saat menjemur polo bisa membuat kerah pada baju kamu menjadi melar.

 

Related Posts