5 Rekomendasi Film Tentang Sepakbola
Story

5 Rekomendasi Film Tentang Sepakbola

Sebagai salah satu olahraga yang paling populer, tak jarang industri hiburan membuat film yang mengangkat tema sepakbola. Pasalnya, olahraga ini memiliki banyak sekali penggemar dari berbagai kelas sosial dan golongan yang menjadi penikmatnya.

Tak melulu tentang atlet dan pertandingannya yang seru, ada banyak pihak yang terlibat di sepakbola yang bisa diangkat menjadi film. Mulai dari kisah inspiratif para legenda sepakbola, suporter, hingga perjuangan tim meraih kemenangan.

Ada film Indonesia hingga luar negeri yang menarik dan patut kamu tonton. Berikut 5 rekomendasi film tentang sepakbola!

1. GOAL!

 

GOAL! menjadi rekomendasi film tentang sepakbola pertama yang patut kamu tonton. Film ini dirilis pada tahun 2005 yang mengisahkan perjuangan seorang pemain asal Meksiko, Santiago Munez.

Dalam film tersebut, Munez melakukan perjalanan ke Inggris untuk bergabung dengan Newcastle United sebagai pemain pinjaman dari Santos Laguna. Perlahan tapi pasti, ia berkembang dan berhasil mendapatkan posisi inti di sana.

Munez sukses membawa klubnya lolos ke kompetisi tertinggi di Eropa, yakni Liga Champions, Setelah berhasil bersama NEwcastle, ia kemudian melanjutkan kariernya di Real Madrid. Di film ini juga dibintangi dengan pemain sepakbola lainnya sebagai cameo, seperti David Beckham.

2. Ted Lasso

 

Ted Lasso menjadi rekomendasi film tentang sepakbola kedua yang patut kamu tonton. Serial ini mengikuti kisah Ted Lasso, seorang pelatih sepak bola perguruan tinggi Amerika kecil yang disewa untuk melatih tim sepak bola Liga Utama Inggris, meskipun tidak memiliki pengalaman dalam sepak bola.

BaACA JUGA:   5 Pemain Sepakbola Asal Jawa Tengah dan Yogyakarta

Tujuan dari serial ini adalah untuk menunjukkan kekuatan kepositifan, kebaikan, dan empati di dunia yang seringkali sinis dan kejam. Melalui karakter dan pendekatan Ted dalam pembinaan, serial tersebut bertujuan untuk mempromosikan gagasan bahwa kesuksesan dapat dicapai melalui kerja tim, kerja keras, dan sikap positif.

Selain itu, serial ini juga mengeksplorasi tema tentang perkembangan karakter, hubungan, dan pentingnya komunitas dalam sepakbola. Ted Lasso juga menyoroti perbedaan budaya dan konflik yang muncul ketika orang-orang dari latar belakang yang berbeda bersatu untuk bekerja meraih tujuan bersama.

3. Bobby Robson: More Than a Manager

 

Bobby Robson: More Than a Manager menjadi rekomendasi film tentang sepakbola yang ketiga. Ini merupakan film dokumenter yang dirilis pada tahun 2018 dan menceritakan perjalanan karier pelatih Bobby Robson.

Tujuan dari film ini adalah untuk menghormati karier Sir Bobby Robson, menyoroti pengaruhnya terhadap sepak bola, dan warisannya sebagai sosok yang dihormati dalam olahraga. Film tersebut juga bertujuan untuk memberikan wawasan tentang kepribadian Sir Bobby Robson, gaya kepemimpinannya, dan kemampuannya untuk menginspirasi dan memotivasi orang lain.

Dalam film ini banyak menceritakan tentang apa yang terjadi saat Sir Bobby Robson melatih Porto, Newcastle United, dan yang paling banyak bagiannya saat di Barcelona. Ada beberapa nama terkenal juga dalam film seperti Ronaldo Nazario, Pep Guardiola, hingga Jose Mourinho yang menjadi penerjemah dan asistennya.

4. Green Street Hooligans

 

Green Street Hooligans menjadi rekomendasi film tentang sepakbola yang keempat. Film ini menceritakan kisah Matt Buckner, seorang mahasiswa muda Amerika yang pindah ke London untuk belajar jurnalisme, tetapi terlibat dengan sekelompok hooligan, yang dikenal sebagai GSE (Green Street Elite).

BaACA JUGA:   5 Rekomendasi Outfit untuk Bersepeda

Film ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi dunia hooliganisme sepak bola, termasuk kekerasan dan kesukuan yang terkait dengannya, serta potensi konsekuensi terjebak di dalamnya. Selain itu, film ini juga ingin menunjukkan persahabatan dan kesetiaan yang ada dalam kelompok-kelompok tersebut, dan bagaimana mereka dapat menggunakannya untuk tujuan yang positif.

Melalui karakter Matt, film ini juga mengangkat tema identitas, rasa memiliki, dan menemukan tempat seseorang di dunia. Film ini juga menyoroti perbedaan budaya antara Inggris dan Amerika, saat Matt mencoba memahami budaya hooligan dan peran sepakbola dalam masyarakat Inggris.

5. Garuda di Dadaku

 

Garuda di Dadaku menjadi rekomendasi film tentang sepakbola yang terakhir. Film yang dirilis pada tahun 2009 ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Bayu, yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola profesional dan bermain untuk tim nasional Indonesia.

Film ini memiliki tujuan untuk menginspirasi dan memotivasi generasi muda agar mengejar impian mereka dan menunjukkan potensi sepakbola Indonesia. Selain itu, film ini juga ingin menjelaskan tantangan yang dihadapi oleh calon pemain sepak bola di Indonesia, termasuk kurangnya sumber daya dan infrastruktur.

Melalui karakter Bayu, film ini juga mengangkat tema tentang tekad, kegigihan, dan pentingnya kerja keras. Film ini juga menampilkan peran dukungan keluarga dan komunitas dalam mencapai tujuan seseorang.