4 Jenis Bahan pada Polyester
Story

4 Jenis Bahan pada Polyester

Jika berbicara mengenai jersey sepakbola, polyester tentu menjadi salah satu jenis bahan yang sering dibicarakan.

Polyester sendiri merupakan istilah umum untuk kain atau tekstil yang terbuat dari benang atau serat polyester. Serat atau kain polyester dibuat dari senyawa kimia, ethylene glycol, dan asal tereftalat, yang dikombinasikan dengan polyethylene terephathalate (PET) yang berasal dari minyak bumi (petroleum).

Polyester sendiri pertama kali ditemukan sebelum tahun 1939 yang kemudian dikembangkan oleh sekelompok ilmuwan pada tahun 1941 dengan menciptakan serat polyester pertama yang disebut terylene. Polyester pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 1951 di Amerika sebagai serat ajaib yang bisa dipakai selama 68 hari tanpa penyetrikaan dan masih terlihat rapi.

BaACA JUGA:   5 Hal Yang Perlu Kamu Tahu tentang Bahan Dry-Fit pada Jersey!

Polyester terbagi menjadi beberapa jenis bahan, di mana beberapa di antaranya merupakan campuran dengan jenis bahan lain seperti katun dan sutra. Berikut 4 jenis bahan Polyester:

1. Bahan Woven

Bahan ini identik dengan memiliki permukaan yang kasar, namun saat kita merabanya akan terasa halus. Bahan ini biasanya digunakan untuk label baju.

2. Bahan PE

Bahan ini menggunakan komposisi 100% polyester yang tidak dicampur/dikombinasikan dengan bahan lain. Umumnya digunakan untuk pakaian yang diproduksi secara massal.

3. Bahan Lacoste CVC Pique

Bahan ini merupakan campuran polyester dan katun. Bahan ini memiliki daya serap keringat yang baik layaknya katun dan memiliki ketahanan yang lama.

BaACA JUGA:   5 Keuntungan Memiliki Travel Bag yang Praktis dan Fungsional

4. Bahan Lacoste PE Pique

Bahan ini menggunakan material 100% polyester. Bahan ini sering digunakan pada pembuatan baju berkerah.

Secara umum polyester memiliki karakteristik tahan lama, hidrofobik (cepat kering), tidak mudah berkerut, dan dapat menahan panas tubuh.

Related Posts